Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 20:07 WIB

Bersedekah di Jalan Allah, Ini Balasannya

Oleh : - | Kamis, 8 Juni 2017 | 05:00 WIB
Bersedekah di Jalan Allah, Ini Balasannya
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

ADA sebuah hadis yang berbunyi:

Ishaq bin Ibrahim Al-Hanzhali telah memberitahukan kepada kami, Jarir telah mengabarkan kepada kami, dari Al-Amasy, dari Abu Amr Asy-Syaibani, dari Abu Masud Al-Anshari, ia berkata, Suatu ketika ada seorang laki-laki datang membawa unta yang telah diberi tali kekang, lalu ia mengatakan, Ini (saya sedekahkan) di jalan Allah. Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Dengan sebab itu engkau akan mendapatkan tujuh ratus ekor unta pada hari Kiamat, semua unta itu dalam keadaan memiliki tali kekang." (HR. Muslim dan An-Nasa`i)

Tafsir Hadis

Perkataannya, "Suatu ketika ada seorang laki-laki datang membawa unta yang telah diberi tali kekang, lalu ia mengatakan, Ini (saya sedekahkan) di jalan Allah. Maka Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Dengan sebab itu engkau akan mendapatkan tujuh ratus ekor unta pada hari kiamat, semua unta itu dalam keadaan memiliki tali kekang."

Maksudnya, hal ini mengandung kemungkinan bahwa orang tersebut mendapatkan pahala dari tujuh ratus ekor unta yang ia sedekahkan.

Bisa juga dipahami bahwa orang itu benar-benar mendapatkan tujuh ratus ekor unta di surga, masing-masing unta memiliki tali kekang, ia bisa mengendarai unta-unta itu sekehendak hatinya kemana saja untuk bertamasya. Sebagaimana dalam hadis lain yang menyebutkan tentang kuda surga dan kemuliaannya. Kemungkinan kedua ini lebih kuat. Wallahu Alam. []

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x