Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 19:19 WIB

Menyebut Nama Allah Sebagai Solusi

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Selasa, 6 Juni 2017 | 00:13 WIB
Menyebut Nama Allah Sebagai Solusi
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

IBNU QAYYIM berkata bahwa menyebut nama Khaliq (Pencipta) sama saja menjadi obat, sementara menyebut nama makhluk seringkali menjadi penyakit. Ingin tak sakit hati dan tak sakit badan, kurangi menyebut nama makhluk, tambah rajinlah menyebut nama Allah.

Dahsyat sekali guna dzikir dalam kehidupan. Bukan hanya ketenangan jiwa sebagaimana yang sering diceramahkan itu, melainkan juga untuk banyak hal lainnya yang menjadi lancar dan mudah. Ulama banyak berkata bahwa Allah memberikan sesuatu kepada mereka yang berdzikir melebihi apa yang Allah berikan kepada mereka yang meminta.

Tak apa meminta, memohon atau berdoa. Itu juga ibadah. Namun lebih tinggi dari itu adalah ingat atau dzikir kepada Dzat yang kepadaNya kita bermohon. Sementara Dia mengetahui semua yang kita mau. Mari banyak berdzikir, baik dzikir jaly atau dzikir khafy. Sudah tahu bedanya?

Sebagai bukti kehebatan dzikir adalah kalimat ulama berikut ini: "Jika seorang hamba munajat kepada Tuhannya di waktu malam dan memohon pertolongan kepadaNya dengan mengatakan Yaa Hayyu Yaa Qayyuum maka Allah akan berikan kepadanya kemapanan, kemantapan dan atau pertolongan dengan sesuatu yang tidak diketahui kecuali oleh Allah."

Itu baru menyebut "Yaa Hayyu Yaa Qayyuum." Bagaimana dengan nama-namaNya yang lain? Masih ragukah? Salam, AIM. [*]

 
x