Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 17:53 WIB

Subhanallah...Inilah Makanan Para Ahli Surga Itu

Oleh : - | Rabu, 17 Mei 2017 | 09:00 WIB
Subhanallah...Inilah Makanan Para Ahli Surga Itu
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

ADA yang bertanya, benarkah hati ikan adalah makanan pertama yang dihidangkan untuk ahli surga? Ia mengaku pernah membacanya di sebuah hadis.

Untuk pertyanyaan itu Ustaz Ammi Nur Baits menjawab bahwa didalam surga seseorang makan dan minum bebas sekehendaknya sesuai selera, Allah Subhanahu wa Taala berfirman, "Dan buah-buahan dari apa yang mereka pilih, dan daging burung dari apa yang mereka inginkan." (QS. Al-Waqiah: 20-21)

Allah juga berfirman, "Dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya."(QS. Az-Zukhruf: 71)

Allah Subhanahu wa Taala telah mengizinkan penduduk surga untuk menyantap makanan dan minuman yang mereka inginkan dan mereka pilih, "(kepada mereka dikatakan): "Makan dan minumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu." (QS. Al-Haqqah: 24)

Juga telah disebutkan bahwasanya di surga itu ada lautan yang berisikan air, lautan khamr, lautan susu, lautan madu, dan bahwasanya sungai-sungai di surga berasal dari lautan-lautan ini. Di dalam surga pula terdapat berbagai macam mata air. Penduduk surga mereguk minuman dari lautan-lautan, sungai-sungai, dan mata air-mata air tersebut.

Allah Taala berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas (berisi minuman) yang campurannya adalah air kafur. (yaitu) Mata air (dalam surga) yang daripadanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya." (QS. Al Insan: 5-6)

Allah juga berfirman,"Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe. (Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil." (QS. Al Insan: 17-18)

Hidangan pertama yang Allah sajikan spesial untuk penduduk surga adalah bagian paling nikmat, hati ikan. Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Said Al Khudri radhiallahuanhu, Rasulullahshallallahu alaihi wa sallam bersabda, " Allah menggenggamnya dengan tangannya, seperti salah seorang dari kalian menggenggam rotinya di kala safar sebagai jamuan bagi penduduk surga."

Datanglah seorang Yahudi lalu mengatakan, "Semoga Ar Rahman memberkahimu wahai Abul Qosim (Nabi Muhammad), maukah engkau aku beri tahu mengenai jamuan penduduk surga pada hari kiamat? Nabi shallallahu alaihi wa sallam menjawab, "Tentu saja." Yahudi melanjutkan "Maukah engkau aku kabarkan lauk-pauk mereka (penduduk surga)? Dengan sapi dan ikan" Rasulullah dan para sahabat mengatakan, "Apakah lauk-pauk mereka?" Yahudi menjawab, "Sapi dan ikan, penduduk surga memakan bagian yang paling nikmat seperti hati sapi dan ikan, bahkan lebih nikmat 7000 kali lipat." (Misykatul Mashobih, 18:136).

"Dalam Shahih Bukhari, Abdullah bin Salam bertanya kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam di awal kedatangannya di Madinah, "Apa yang pertama kali yang dimakan oleh penduduk surga ?" Beliau menjawab, "Hati ikan."

Dalam Shahih Muslim dari Tsauban, "Ada seorang Yahudi bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Apa yang diberikan kepada mereka ketika mereka masuk surga ?" Rasulullah bersabda, "Hati ikan."

Ia bertanya lagi, "Apa menu mereka selanjutnya?" Beliau menjawab, "Disembelihkan untuk mereka sapi surga yang mereka makan dari ujung-ujungnya."

Ia bertanya lagi, "Apa minuman mereka?" Beliau menjawab, "(Minuman mereka diambil dari) mata air salsabila." Lalu ia mengatakan, "Engkau benar."
Allahu alam. []

 
Embed Widget

x