Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 00:10 WIB

Rajin Baca Al Ikhlash Memudahkan Masuk Surga

Oleh : - | Senin, 15 Mei 2017 | 07:00 WIB
Rajin Baca Al Ikhlash Memudahkan Masuk Surga
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

MASUK surga adalah dambaan setiap manusia. Tak seorangpun yang memiliki akal, kecuali ia menginginkan masuk surga ketika berada dalam kehidupan akhirat kelak.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menunjukkan amal-amal tertentu yang keutamannya memudahkan umatnya masuk surga. Salah satunya adalah dengan membaca dan mencintai sebuah surat dalam Alquran. Surat ini tergolong surat pendek dan mudah dihafal. Meskipun pendek, surat ini berisikan intisari tauhid dan sebanding dengan sepertiga Aquran. Surat ini tak lain adalah surat Al Ikhlash.

Abu Hurairah radhiyallahu anhu meriwayatkan bahwa dirinya datang ke suatu tempat bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Di sana, Rasulullah mendengar seseorang membaca surat Al Ikhlash.

"Katakanlah, Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tak ada seorangpun yang setara denganNya" (QS. Al Ikhlash: 1-4)

Mendengar itu Rasulullah bersabda, "Pasti!". Abu Hurairah bertanya, "Apa yang pasti, wahai Rasulullah?" Beliau menjawab, "(ia masuk) surga". Betapa gembiranya Abu Hurairah mendengar sabda Rasulullah ini. Ia ingin pergi kepada orang tersebut untuk mengatakannya. Namun, ia khawatir tertinggal makan siang bersama Rasulullah. Selesai makan bersama, Abu Hurairah kembali untuk menemui orang tersebut. Sayangnya, Abu Hurairah tidak menemukannya. Orang itu telah pergi.

Selain hadis riwayat Imam Malik dan Tirmidzi yang dinilai shahih oleh Al Albani ini, keutamaan surat Al Ikhlash yang dapat mengantarkan seorang muslim masuk surga juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Bahwa ada seorang sahabat dari kalangan Anshar yang ketika mengimami salat, ia selalu membaca surat Al Ikhlas selain surat lainnya. Ketika Rasulullah mengetahui hal itu beliapun bertanya;

"Wahai Fulan, apa yang menghalangimu untuk melakukan apa yang diminta oleh teman-temanmu dan apa yang mendorongmu untuk membaca surat ini (Al Ikhlash) pada setiap rakaat?"

Orang tersebut menjawab: innii uhibbuhaa. Sesungguhnya aku mencintainya.

Lalu Rasulullah pun bersabda: "Kecintaanmu kepadanya akan memasukkanmu ke surga."[bersamadakwah]

 
x