Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 17:49 WIB

Tentukan Sikap Terbaik, Bersamalah Orang Baik

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Sabtu, 13 Mei 2017 | 00:02 WIB
Tentukan Sikap Terbaik, Bersamalah Orang Baik
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

KATA orang-orang tua yang sudah lama menjalani hidup dan berpengalaman menghadapi berbagai tipe manusia dalam hal sikap dan polah tingkahnya: "Orang paling jelek adalah orang yang membantu orang-orang dzalim dan menipu orang-orang yang terdzalimi."

Sering kita dengar ada banyak orang yang memanfaatkan kesempatan meraih untung dari orang-orang bernasib buntung. Orang-orang yang terdzalimi itu benar-benar "sudah terjatuh tertimpa tangga."

Apakah ada orang membantu orang dzalim? Tentu saja ada. Kejahatan atas kedzaliman sering juga berupa kesepakatan bersama. Kita pernah dengar suami isteri bersepakat bersama melakukan penipuan, sering juga kita mendengar berita korupsi bersama-sama di antara institusi yang beda yang dilakukan untuk saling mengamankan diri. Seringkali juga kita mendengar ada orang yang menjadi backing atau bemper suatu pelanggaran. Sungguh ini adalah kejahatan yang membahayakan banyak orang.

Yakinkan diri kita untuk mempersembahkan yang terbaik dalam hidup yang hanya sementara ini. Mulailah dengan mengistiqamahkan diri bersama dengan orang-orang baik. Kebaikan, sebagaimana kejahatan, seringkali menular. Dengan siapa kita bersama, sikap kita cenderung memiliki kesamaan. Lalu, bagaimana kalau lingkungan sekitar kita tidaklah baik?

Tetapkah baik. Belajarlah pada bunga-bunga, dia terus saja tumbuh mekar sebagai bunga tanpa mempertimbangkan duri-duri yang menempel di pohon dan tangkai bunga. Teruslah saja menjadi yangvbaik dan indah, tebarkan kebaikan san keindahan. Pada masanya, apresiasi sekitar akan tetap teruntuk mereka yang baik dan indah. Salam, AIM. [*]

 
Embed Widget

x