Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 16:48 WIB

Pahala Tiada Putus: Menggali Sumur

Oleh : - | Selasa, 9 Mei 2017 | 05:00 WIB
Pahala Tiada Putus: Menggali Sumur
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

SUDAH saatnya kita bersemangat menanam investasi pahala selama masih di dunia. Karena masa hidup di dunia adalah kesempatan yang Allah jadikan tempat beramal. Untuk masa yang lebih abadi di setelah wafat. Kita akan melihat lebih dekat 7 amal yang dijanjikan Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Ketiga, menggali sumur.

Dalam hadis dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Suatu ketika ada seorang lelaki yang merasakan sangat kehausan, lalu ia menjumpai sebuah sumur. Diapun turun, lalu meminum airnya. Setelah itu ia naik lagi. Sesampainya di atas, dia melihat seekor anjing yang menjulur-julurkan lidahnya memakan tanah yang lembab saking hausnya. Lelaki itu mengatakan, Anjing ini pasti merasa sangat kehausan sebagaimana hausku tadi.

Lalu ia kembali turun ke dalam sumur dan memenuhi sepatunya dengan air. Setelah itu ia beri minum anjing tersebut. (Oleh karena perbuatannya) Allah pun bersyukur kepadanya dan mengampuninya." Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, apakah perbuatan baik kita terhadap hewan mendapat ganjaran pahala?" Rasulullah menjawab, "Pada setiap nyawa itu ada ganjaran pahala." (Muttafaqun alaihi)

Jika hanya dengan memberi minum seekor anjing bisa menyebabkan semua dosanya terampuni, bagaimana pula dengan orang yang membuat sebuah sumur, yang bisa dimanfaatkan banyak orang? Tentu pahalanya sangat besar.

[baca lanjutan: Pahala Tiada Putus: Menanam Pohon Kurma]

 
Embed Widget

x