Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 05:23 WIB

Benarkah Sedang Haid Dilarang Baca Quran?

Oleh : - | Minggu, 7 Mei 2017 | 08:00 WIB
Benarkah Sedang Haid Dilarang Baca Quran?
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

MASALAH wanita haid membaca Alquran, di situ ada detil perbedaan pendapat di antara para fukaha. Banyak dari fukaha mengatakan hal itu haram. Diantara mereka ada yang memperbolehkannya dengan rincian-rincian dan syarat-syarat

Yang saya rajihkan bahwa tidak boleh bagi wanita haid membaca Alquran. Hal itu karena sabda Rasulullah saw:

"Janganlah seseorang yang sedang haid dan jangan pula seseorang yang sedang junub membaca sesuatupun dari Alquran" (HR at-Tirmidzi)

Hadis ini meski ada kritik tentangnya, namun banyak fukaha mengambilnya. Meski demikian, telah dinyatakan di dalam hadis sahih pengharaman membaca Alquran bagi orang yang sedang junub. Dan orang yang sedang haid seperti orang yang sedang junub pada masalah ini. Abu Dawud dan an-Nasai telah mengeluarkan, dan dalam riwayat Ibn Majah semacam itu, dari Ali ra., ia berkata:

"Nabi saw keluar dari kamar kecil lalu beliau membacakan Alquran kepada kami dan makan daging bersama kami, tidak menghijab beliau tidak menghalangi beliau - dari Alquran sesuatupun selain junub."

Jelas dari hadis tersebut bahwa junub menghalangi membaca Alquran, artinya membaca Alquran haram bagi orang yang junub. Dan orang yang haid seperti orang yang junub, maka haram baginya membaca Alquran sebagaimana haram bagi orang yang junub membaca Alquran.

Saudaramu. Atha bin Khalil Abu ar-Rasytah. []

Komentar

 
Embed Widget

x