Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 00:16 WIB

Ciri Ucapan Berkualitas

Oleh : KH Abdullah Gymnastiar | Jumat, 7 April 2017 | 01:01 WIB
Ciri Ucapan Berkualitas
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

ALHAMDULILLAH. Semoga Allah Yang Maha Menatap, menjadikan kita orang-orang yang senantiasa terlimpahi hidayah-Nya, sehingga selamat di dunia dan akhirat. Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada baginda nabi Muhammad Saw.

Rasulullah Saw. bersabda,"Barangsiapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) sesuatu yang ada di antara dua janggutnya dan dua kakinya, kuberikan kepadanya jaminan masuk surga."(HR. Bukhori)

Saudaraku, setiap kata-kata yang kita ucapkan pasti dicatat oleh malaikat dan akan dipertanggungjawabkan kelak di pengadilan Allah Yang Maha Adil. Oleh karena itu, pastikanlah bahwa apa yang kita ucapkan terpelihara dan jauh dari keburukan dan kesia-siaan. Maka, marilah senantiasa menjaga kualitas ucapan kita agar senantiasa mengucapkan apa yang Allah ridhoi.

Ciri dari ucapan yang berkualitas tinggi adalah; Pertama, selalu terkait kepada Allah Swt. Setiap kata-kata yang diucapkan selalu menjadi bagian dari dzikir kepada Allah, karena sesungguhnya tiada satupun urusan yang tidak ada hubungannya dengan Allah. Orang yang ucapannya berkualitas, senantiasa mengendalikan ucapannya agar mengandung kebaikan dan kebenaran. Sedikitpun ia tidak memberikan kesempatan bagi lisannya untuk mengucapkan kata-kata kotor dan sia-sia.

Kedua, menjadi ilmu. Kata-kata yang diucapkan menjadi ilmu baik bagi dirinya sendiri maupun bagi yang mendengarnya. Tidak sedikit orang yang dengan ucapannya malah membodohi dan menyesatkan orang lain. Tidak sedikit pula orang yang dengan ucapannya malah menimbulkan rasa sakit di hati orang lain dan mengakibatkan permusuhan. Ucapan yang berkualitas adalah yang bermanfaat, menjadi ilmu dan mendamaikan siapa saja yang mendengar.

Ketiga, ada hikmah yang terkandung di dalamnya, sehingga hati kita terbuka. Ucapan yang berkualitas itu meskipun yang dibicarakan adalah hal-hal sederhana, peristiwa-peristiwa biasa, namun selalu dikembalikan pada nilai kebaikan dan kebenaran yang terkandung di dalamnya. Sehingga tetap kembali kepada Allah Swt. Dengan demikian, ia selalu bisa menangkap hikmah dari hal-hal sederhana yang ada di sekitarnya.

Dan ciri keempat adalah ucapannya menjadi solusi. Tidak jarang orang yang membicarakan suatu masalah, tapi hanya sebatas itulah yang dibicarakan. Ia membicarakan kemalangan yang menimpa orang lain, tapi hanya sebatas itu saja kemudian berlalu. Atau membicarakan masalah sampah di lingkungannya, tapi sebatas itu saja. Sedangkan ucapan yang berkualitas adalah ucapan yang mampu melahirkan jalan keluar, tidak hanya sibuk membicarakan masalahnya.

Yang terpenting dari pembicaraan kita bukanlah kekaguman orang terhadap kita, melainkan keridhoan Allah terhadap apa yang kita ucapkan. Kita tidak perlu mendahulukan kesibukan merangkai kata supaya dipandang pintar, terpelajar, hebat oleh orang lain. Yang perlu kita lakukan adalah menjaga agar setiap ucapan kita niatnya benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

Tutur kata kita tidak membuat Allah senang kepada kita. Tapi, bersihnya hati dan lurusnya niat, itulah yang menjadi pengundang datangnya keridhoan Allah kepada kita. Tutur kata yang indah namun diniatkan demi memikat perhatian orang lain, sesungguhnya Allah mengetahuinya. Tutur kata yang rapi namun diniatkan mencelakai orang, sesungguhnya Allah pasti mengetahuinya. Dan, setiap perkataan pasti akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah Swt.

Maka dari itu, ucapan yang berkualitas adalah yang jika diucapkan membuat iman semakin kuat, membuat ilmu semakin bertambah, membuat hati menjadi tenang, dan membuat amal sholeh sebagai jalan keluar. Semoga kita termasuk orang-orang yang berkualitas dalam ucapan, sehingga ucapan kita menjadi tabungan pahala di akhirat kelak.Aamiin yaa Robbal aalamiin. [*]

 
x