Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 00:41 WIB

Makna dari Luas Surga Seperti Luasnya Langit-Bumi

Oleh : - | Sabtu, 18 Maret 2017 | 05:00 WIB
Makna dari Luas Surga Seperti Luasnya Langit-Bumi
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

ALLAH Ta'ala berfirman, "Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya." (QS.al-Hadiid:21)

Ayat ini menyebutkan bahwa luas surga itu seperti luasnya langit dan bumi. Apa makna dibalik ayat ini? Apakah luas surga benar-benar seperti langit dan bumi? Tentu yang dimaksud "luas" dalam ayat ini bukanlah ukuran besarnya. Ayat ini hanyalah kiasan untuk menggambarkan luasnya surga, karena batas "luas" yang dapat dibayangkan oleh manusia adalah luasnya langit dan bumi. Namun sebenarnya surga jauh lebih luas dari semua itu.

Dan yang menarik dari ayat ini, Allah mendahulukan ampunan sebelum surga-Nya. "Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga.." Hal ini menunjukkan bahwa ampunan Allah itu nilainya jauh diatas surga sekalipun. Ampunan Allah menjadikan manusia bersih dari dosa sehingga layak untuk dekat dengan-Nya. Jika belum meraih ampunan-Nya, maka tidak akan ada jalan menuju surga.

Ayat ini didahului dengan kata perintah untuk berlomba meraih ampunan dan surga-Nya. Kata ini mengisyaratkan kepada kita bahwa ampunan dan surga Allah tidak dapat diraih dengan santai dan bermalas-malasan. Surga adalah milik mereka yang mengeluarkan seluruh kemampuannya dalam perlombaan ini. Karena dunia hanyalah lintasan perlombaan dan garis finishnya adalah alam akhirat. Semoga bermanfaat. [Khazanahalquran]

 
Embed Widget

x