Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 00:16 WIB

Musa bin Nushair Sang Penakluk Maghrib & Andalusia

16 Kendi yang Disegel dan Dicap oleh Nabi Sulaiman

Oleh : - | Jumat, 17 Maret 2017 | 14:00 WIB
16 Kendi yang Disegel dan Dicap oleh Nabi Sulaiman
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

IBNU Asakir meriwayatkan bahwa ketika Musa berkunjung ke Damaskus, Umar bin Abdul Aziz bertanya kepadanya tentang kejadian paling ajaib yang pernah dialaminya selama berperang di lautan. Maka Musa mengisahkan sebagai berikut:

"Suatu ketika, kami sampai di sebuah pulau. Di sana kami mendapati ada 16 buah kendi yang disegel dan dicap oleh Sulaiman bin Dawud alaihissalam. Maka kuperintahkan agar mengambil empat daripadanya dan melubangi salah satunya. Maka muncullah sosok syaithan yang menepuk-nepuk kepalanya seraya berkata: "Demi Dzat yang mengutusmu dengan kebenaran, aku takkan berbuat kerusakan lagi di muka bumi", kemudian syaithan tadi melihat-lihat dan berkata: "Mengapa aku tidak mendapati kemegahan Sulaiman dan kerajaannya?" lalu sesaat kemudian menghilang. Maka kuperintahkan agar ketiga kendi sisanya dikembalikan ke tempat semula" lanjut Musa.

Selain seorang panglima hebat, Musa bin Nushair juga seorang yang shalih dan penuh tawakkal kepada Allah. Ketika Afrika mengalami paceklik, beliau memerintahkan kaum muslimin untuk melakukan shalat istisqa, yaitu pada tahun 93 H. Usai shalat, beliau keluar menemui orang-orang dan memisahkan antara yang muslim dan yang kafir dzimmi, demikian pula antara induk binatang dengan anaknya, lalu memerintahkan agar orang-orang meratap dan menangis keras, sembari ia terus berdoa kepada Allah hingga menjelang siang, baru kemudian turun dari mimbar, maka seseorang pun berkata: "Tidakkah engkau berdoa untuk Amirul Mukminin?", maka jawab Musa: "Di tempat seperti ini, yang layak disebut hanyalah Allah azzawajalla" maka Allah pun menurunkan hujan usai Musa mengucapkan kata-kata tersebut.

[baca lanjutan: Musa bin Nushair Sang Penakluk Maghrib & Andalusia: Ditemukannya Meja Makan Nabi Sulaiman bin Daud]

 
Embed Widget

x