Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 26 Maret 2017 | 02:41 WIB
Hide Ads

Kesombongan Jadi Penghambat Utama

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Rabu, 15 Maret 2017 | 00:54 WIB
Kesombongan Jadi Penghambat Utama
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

DALAM kajian khusus santri selepas maghrib di Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim dijelaskan tentang siapa saja yang dijanjikan Allah akan dikaruniai anugerah khusus berupa ilmu, derajat, dan kebahagiaan hidup serta apa saja yang menjadi penghambat datangnya anugerah itu.

Kesombongan ternyata menjadi penghambat utama, sementara perasaan butuh dan bergantung kepada Allah adalah pengundang anugerah yang paling utama. Kesombongan adalah kata yang sering kita dengar. Namun apakah sesungguhnya definisi kesombongan dan apa saja jenis kesombongan serta peringkatnya jarang sekali kita kaji secara tuntas.

Karena kesombongan Iblis diusir dari surga. Karena kesombongan maka Fir'aun menjadi celaka. Karena kesombongan maka Namrud kehilangan kuasa. Karena kesombongan maka Abrahah tertimpa bencana. Banyak contoh lainnya yang terang benderang menjadi bukti akibat tak mengenakkan dari kesombongan.

Lalu bagaimana dengan orang yang rendah hati, sopan dan tawadlu? Kita lanjutkan nanti kalau ingat dan ada waktu. Salam, AIM. [*]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x