Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 08:41 WIB

Jadikanlah Keseluruhan Hidupmu untuk Allah

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Sabtu, 11 Maret 2017 | 00:02 WIB
Jadikanlah Keseluruhan Hidupmu untuk Allah
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

KALIMAT renungan hari ini sungguh singkat namun menjadi kunci dari semua permasalahan hidup. Kemampuan menata hati dan menata sikap dalam mengaplikasikan kalimat renungan ini benar-benar menjadikan hidup kita tenang dan damai, tak gelisah dengan kegaduhan sekitar. Inilah kalimat ini itu: "Jadikanlah keseluruhan hidupmu untuk Allah."

Kita harus sadar bahwa tidaklah mungkin semua manusia sepakat dalam penilaian mereka tentang kita. Ada yang memandang kita sebagai orang baik dan ada pula yang memandang kita tidak baik. Ada yang melihat kita sebagai orang yang bermanfaat dan ada pula yang memandang kita sebagai makhluk nir manfaat. Kalau kita "bertuhankan" penilaian manusia maka kita akan selalu gelisah. Cukup yakini bahwa hanya Allahlah yang tahu hakikat kita. Jadikan penilaian Allah sebagai rujukan hidup kita.

Kita harus selalu yakin bahwa tak mungkin semua orang sepakat menolong dan membantu kita. Ada yang dengan setia dan tulus hati berpikir tentang kita dan berusaha mempersembahkan yang terbaik bagi kita. Namun, pasti ada pula yang berkeras hati melupakan dan menghindarkan kita dari pikirannya serta tak pernah tergerak membantu kita temukan bahagia.

Ada pula yang siap membantu kala ada kepentingan dan siap lari menjauh ketika tak butuh. Hanya Allah yang tak pernah lupa mengatur hidup kita dan tak lari menjauh ketika kita mendekatiNya. Jadikan Allah sebagai yang terdekat dalam hati kita.

Kalau kita telah bersama Allah dan Allah telah bersama kita maka siapakah yang mampu merobek kebahagiaan dan ketenangan kita? Berterimakasihlah kepada mereka yang turut serta mengantarkan kita pada bahagia. Jangan buang waktu memusingkan kepala sendiri berpikir tentang orang yang tak peduli dan menyakiti kita. Waktu itu mahal, maka gunakanlah untuk hal yang bernilai mahal. Salam, AIM. [*]

 
Embed Widget

x