Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 08:19 WIB

Destinasi Yang Jarang Dipelajari

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Senin, 6 Maret 2017 | 01:09 WIB
Destinasi Yang Jarang Dipelajari
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

WALAU kita tak berkehendak berwisata ke tempat yang sering diperbincangkan dan atau dikunjungi orang lain, selalu saja kita juga ingin tahu ada apa dan bagaimana sesungguhnya destinasi wisata itu. Kita takut dianggap sebagai orang yang ketinggalan berita jika tak segera meng-update informasi yang kita koleksi. Maka Yahoo dan Google menjadi pelabuhan terfavorite untuk menjadikan kita tampil lebih percaya diri.

Berkehendak atau tidak, kita pasti menuju destinasi yang bernama alam kubur atau alam barzakh. Sudah banyak orang yang tiba di destinasi ini, baik dalam keadaan rida atau terpaksa.

Al-Qur'an dan hadits banyak sekali mengabarkan tentang distinasi yang satu ini. Sayangnya, sedikit sekali yang berkenan dan berkehendak meng-update pengetahuan tentang alam barzakh ini. Hanya orang-orang pilihanlah yang tekun mempelajari alam yang satu ini.

Apa alasan banyak orang tak senang mempelajari kematian dan kehidupan pasca kematian? Jawabannya beragam. Yang paling sering didengar adalah mengingat dan memperbincangkan kematian dan hidup pasca kematian akan membunuh selera hidup dan membuat diri sedih serta pessimis. Benarkah?

Bandingkan dengan jawaban orang yang rajin sekali mempelajarinya. Jawabannya adalah bahwa mengingat kematian dan hidup pasca kematian adalah menjadikan kita lebih hati-hati dan hidup terarah serta semakin semangat dan optimis dengan masa depan yang jauh lebih panjang usianya dibandingkan masa kini di dunia ini yang sebentar saja.

Rumah masa depan kita berada di alam kubur. Kita akan berada di sana, dan ini pasti, dalam masa yang sangat panjang. Mari kita pelajari dan ketahui karakter dan suasana alam yang pasti menjadi destinasi perjalanan kita itu. Lalu, marilah kita bangun rumah kita di san mulai dari kini dan disini agar kita nanti bisa tinggal nyaman, aman dan bahagia dalam rehat menunggu kiamat. Salam, AIM. [*]

Komentar

 
Embed Widget

x