Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 19:18 WIB

Ternyata Salam di Akhir Salat Ditujukan untuk...

Oleh : - | Jumat, 24 Februari 2017 | 12:00 WIB
Ternyata Salam di Akhir Salat Ditujukan untuk...
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

SALAM di akhir salat termasuk rukun salat. Sehingga orang yang meninggalkan salam, baik dengan sengaja maupun lupa maka salatnya batal atau tidak sah karena belum menyempurnakan rukun salat. Salam yang statusnya rukun salat adalah salam pertama, sedangkan salam kedua hukumnya sunah. Sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah melakukan salam sekali: Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu, beliau menceritakan, "Bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah melakukan salam sekali." (HR. Baihaqi dan dishahihkan al-Albani).

Lalu kepada siapakah sebenarnya salam ini kita tujukan? Apakah semata-mata kepada Allah Azza wa Jalla sebagai bentuk komunikasi kita dengan-Nya atau ada kelompok lain yan turut mendapatkan salam ini? Dalam kitab MAJMU' SYARAH MUHADZDZAB lil imam nawawi 3/456 disebutkan:

1. Dan niat imam dengan salam yang pertama yaitu niat keluar dari salat dan salam kepada orang yang ada di sebelah kanannya dan kepada malaikat khafadhoh. Dan salam kedua kepada orang yang di sebelah kirinya dan malaikat khafadhoh.

2. Dan makmum dengan salam pertamanya niat keluar dari salat dan memberi salam kepada imam, malaikat khafadhoh, dan orang mukminin dari arah sekitarnya di dalam shofnya baik belakangnya maupun depannya. Dan saat salam yang kedua niat salam kepada malaikat khafadhoh dan orang mukminin dari arah sekitarnya. Dan jika imam berada di depannya maka dia niat di dalam salam yang berapa saja dia mau.

3. Dan orang yang salat sendirian niat dengan salam yang pertama keluar dari salat dan kepada malaikat khafadhoh. Dan salam kedua niat kepada hanya kepada malaikat khafadhoh.

Hukum asal demikian adalah hadis yang diriwayatkan oleh Samurah radhiallahu 'anhu, "Nabi memerintahkan kepada kami untuk beruluk salam (memberi salam) kepada diri kami dan untuk beruluk salam sebagian dari kami kepada sebagian yang lain."

Lalu siapakah itu malaikat khafadoh? Telah menuturkan imam ibn katsir dalam tafsirnya: mereka sebanyak 4 malaikat di dalam malamnya dan 4 dalam siangnya. Maka (dibagi) 2 berada di kanan dan di kiri menulisi amal baik dan amal buruk sementara 2 berada di belakangnya dan di depannya menjaganya. Wallahu a'lam. []

 
x