Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 26 Maret 2017 | 02:34 WIB
Hide Ads

Kisah Tabiin Thawus bin Kaisan

Mutiara Teladan Perjalanan Hidup Sang Tabiin

Oleh : - | Kamis, 16 Februari 2017 | 18:00 WIB
Mutiara Teladan Perjalanan Hidup Sang Tabiin
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

BEBERAPA catatan penting dari perjalanan hidup beliau yang hendaknya menjadi qudwah (teladan) bagi kita adalah:

Seorang muslim diajari untuk saling menasihati demi kebaikan dunia dan akhirat. Nasihat tetap diberikan sampai pun kepada orang yang lebih tinggi kedudukannya daripadanya, tentunya dengan cara-cara yang baik tanpa harus menghinakan atau merendahkan kedudukannya.

Merupakan sifat baik para as-salaf ash-shalih yang hampir-hampir sifat itu hilang di zaman kita- adalah sifat wara dan zuhud terhadap dunia. Sifat itu akan benar-benar tampak pada diri seorang muslim, apabila ia memahami dengan baik hakikat sebuah kehidupan, bahwa kehidupan yang sebenarnya yang hakiki dan kekal- adalah kehidupan akhirat, bukan kehidupan dunia, sehingga apa pun mereka korbankan demi mendapat kebaikan akhirat sekalipun harus merasakan payah tatkala di dunia.

Semoga Allah Subhanahu wa Taala merahmati Thawus bin Kaisan dan para as-salaf ash-shalih yang telah mengajari kita untuk selalu mendalami ilmu agama, mengajarkan, dan mendakwahkan kepada orang lain, sebagaimana ini adalah tugas setiap nabi dan rasul dan juga tugas setiap muslim sesuai dengan kadar kemampuan yang diberikan Allah Subhanahu wa Taala. Maka dalam setiap perbuatan, mereka mengawalinya dengan ilmu dan mengakhirinya dengan ilmu pula. Wallahu alamu bishshawab.

[Sumber: Majalah Al-Fuqon Edisi 6 Tahun Ke-11 1433 H/Ustadz Abu Faiz]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x