Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 29 Juni 2017 | 09:15 WIB

Kisah Tabiin Thawus bin Kaisan

Potret Kepribadian dalam Hal Warak

Oleh : - | Kamis, 16 Februari 2017 | 12:00 WIB
Potret Kepribadian dalam Hal Warak
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

BELIAU adalah seorang yang warak dalam berfatwa, tidak asal menjawab pertanyaan yang diajukan kepada beliau. Beliau sanantiasa berhati-hati, karena khawatir apa yang beliau fatwakan ternyata tidak sejalan dengan apa yang dikehendaki Allah Subhanahu wa Taala.

Dari Ayyub ia berkata, "Ada seorang yang hendak bertanya tentang sesuatu masalah kepada Thawus, lalu beliau mencelanya (karena banyak bertanya pen.) seraya mengatakan, Sungguh ia hendak menjadikan di leherku tali yang aku diputar dengannya." Karena kehati-hatian beliau, dan takut jawabannya itu dipertanggungjawabkan di sisi Allah kelak

Al Hafizh berkata, "Amr bin Dinar telah mengatakan, Sungguh aku tidak melihat seseorang yang lebih wara dan menjaga diri dari sesuatu yang ada di tangan manusia, daripada Thawus."

Ibnu Abi Sufyan berkata. "Saya tidak melihat seorang berilmu yang lebih banyak mengucapkan kalimat Aku tidak tahu masalah tersebut, kecuali Thawus." Ibnu Uyainah berkata, "Orang-orang yang selalu menjauhi kepemimpinan ada tiga: Abu Dzar di zamannya, Thawus di zamannya, dan Sufyan Ats-Tsauri di zaman beliau."

[baca lanjutan: Kisah Tabiin Thawus bin Kaisan: Beberapa Perkataan Mutiara Beliau]

 
Embed Widget

x