Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 19:57 WIB

Kisah Tabiin Thawus bin Kaisan

Potret Kepribadian dalam Hal Zuhud

Oleh : - | Kamis, 16 Februari 2017 | 09:00 WIB
Potret Kepribadian dalam Hal Zuhud
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

ABU Ashim an-Nabil berkata, "Telah datang putra mahkota, yaitu putra dari Sulaiman bin Abdul Malik. Ia datang dan duduk di dekat Thawus, namun beliau tidak menoleh kepadanya sedikit pun. Lalu seseorang menegur beliau, "Putra dari Amirul Mukminin telah datang di sisimu, tetapi mengapa engkau tidak mau menoleh kepadanya..?!" Beliau menjawab, "Aku ingin mengajarkan bahwa hendaknya seorang hamba bersikap zuhud dari apa yang ada di hadapannya."

Dari Abdullah bin Bisyr, ia menceritakan bahwa Thawus al-Yamani memiliki dua jalan untuk menuju masjid, satu jalan melewati pasar dan ada satu jalan yang lain. Sehari ini beliau lewat jalan ini, dan jalan yang lain pada hari berikutnya, apabila beliau memilih jalan yang melewati pasar hingga melihat kepala orang-orang yang tenggelam dalam dunia dan kehinaan, maka beliau tidak bisa tidur di malam harinya."

Dari Ibnu Thawus ia berkata, "Aku mengatakan kepada ayahku (Thawus) bahwa aku hendak menikahi gadis, lalu beliau mengatakan, Kalau begitu pergilah untuk nazhar, aku memakai pakaianku yang terbaik, aku berkeramas, dan berdandan sangat rapi, setelah beliau melihat kondisiku seperti itu tiba-tiba beliau mengatakan, Duduklah dan jangan engkau pergi."

[baca lanjutan: Kisah Tabiin Thawus bin Kaisan: Potret Kepribadian dalam Hal Warak]

Komentar

 
Embed Widget

x