Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 1 Mei 2017 | 11:24 WIB

Menjadi Maling Ternyata Butuh Ilmu

Oleh : KH Ahmad Imam Mawardi | Kamis, 12 Januari 2017 | 00:03 WIB
Menjadi Maling Ternyata Butuh Ilmu
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

KEMARIN, rumah Bang Yasir sang Humas Ponpes kami siang-siang dikunjungi maling. Hampir saja handphone kesayangannya sukses digondol andai saja si maling tak terpergok. Apes nasib maling itu karena ketika diteriaki ternyata lari ke gang buntu. malingnya tak paham peta lokasi. Bang Yasir yang aslinya sakit menjadi sehat mengejar maling itu. Yang asalnya tak mungkin berlari menjadi kencang mengejar. Sakit ternyata bisa sembuh karena perubahan emosi semangat.

Semalam ada kasus maling juga di rumah Pak Kumis. Saat itu listrik padam. Tepat jam 01.48 WIB dini hari, terdengar oleh Pak Kumis ada orang batuk-batuk di luar rumah. Feelingnya berkata bahwa ini pasti pencuri. Pelan-pelan Pak Kumis bangun dari atas ranjang, mengambil senter dan tongkat kayu santeki andalannya. Karena cuaca gelap, maka suasana luar tak bisa leluasa dibaca. Mau langsung nyalakan senter, takutnya orang yang batuk-batuk itu curiga. Pelan-pelan dia buka tirai kaca gelap jendelanya untuk mengintip.

Rupanya si maling juga pelan-pelan menuju kaca jendela yang sama untuk mengintip suasana dalam. Dua-duanya sama-sama tak sadar bahwa saling berhadapan. Suasana gelap total. Pak Kumis melihat ada bayangan, tapi tak yakin. Kecurigaannya meningkat, senterpun dinyalakan difokuskan ke bayangan yang diduganya itu. Cahaya senter tepat di mata si maling itu. Pak Kumis kaget dan teriak "maling." Malingnya lebih kaget lagi dan akhirnya roboh seketika karena penyakit jantungnya kumat. Ketangkaplah dia.

Ternyata, untuk menjadi maling yang sukses itu dibutuhkan ilmu yang lengkap: ilmu peta geografis dan demografis, ilmu tahan batuk, ilmu tidak kagetan dan beberapa ilmu lainnya. Kalau untuk menjadi maling sukses saja butuh ilmu, lalu bagaimana dengan menjadi pelajar sukses, pekerja sukses, pengusaha sukses, keluarga sukses dan pemimpin yang sukses? Yuk kita mencari ilmu. Salam, AIM@ Pondok Pesantren Kota Alif Laam Miim Surabaya.

Embed Widget

x